5 fakta menarik bunga sakura adalah sebagai berikut :

1. Bunga sakura hanya mekar sepekan

Tidak banyak diketahui bahwa bunga sakura hanya mekar dalam waktu sepekan dan hanya terjadi setahun sekali. Mekarnya bunga sakura ini terbilang sangat singkat, karena dari proses munculnyan kuncup sampai gugur hanya menghabiskan waktu sepekan atau kurang lebih 7 harian.

2. Bunga sakura mekar tanpa daun 

Bunga sakura adalah salah satu bunga yang mekar pada pada musim semi, sehingga saat mekar tidak mempunyai daun karena daunnya sudah berguguran pada musim dingin yang terjadi sebelum musim semi. 

3. Bunga sakura terus berubah

Bunga sakura terus mengalami perubahan mulai dari kelopak, ukuran bunga, dan warna bunga. Saat ini bunga sakura mempunya 600 spesies yang terdeteksi, terdpat kemungkinan bertambahnya spesies bunga sakura yang akan terus berubah. 

4. Bunga sakura bisa dimakan

Di Jepang, daun bunga sakura dikonsumsi sebagai teh dengan cara direndam seperti halnya menyeduh teh di Indonesia. Tidak hanya daunnya yang dikonsumsi, bunganya juga dikonsumsi dengan cara direndam dengan larutan air garam. Proses perendaman dengan larutan air garam disebut shiozuke, kemudian dilanjutkan dengan proses sakurazuke. Setelah proses sakurazuke selesai barulah bunga sakura bisa dikonsumsi.

5. Bunga sakura menghasilkan Ceri

Bunga sakura akan menghasilkan buah ceri berukuran sangat kecil, buah ceri ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Sehingga buah ceri dari bunga sakura di Jepang hanya dimakan oleh burung-burung liar saja.

 

Seberapa unik bunga sakura? 

5 Fakta menarik bunga sakura diatas sudah menjelaskan sangat uniknya bunga tersebut, mekarnya bunga sakura hanya dapat dinikmati pada musim semi. Sehingga musim semi juga menjadi musim yang paling diburu orang untuk liburan dan melihat bunga sakura secara langsung di Jepang.

Dibalik fakta menarik bunga sakura, di Jepang terdapat festival bunga sakura yang banyak diminati oleh wisatawan. Sehingga pada musim dimana bunga sakura bermekaran, banyak kota di Jepang yang mengadakan festival untuk menikmati keindahan bunga sakura dan beragam kuliner street food di sekitar wilayah festival bunga sakura.

Beberapa kuliner street food festival bunga sakura di Jepang yang sudah tidak asing lagi adalah sebagai berikut :

  • Daifuku

Daifuku merupakan sebutan untuk mochi dengan isian manis, tetapi untuk yang tidak terlalu menyukai manis bisa pilih isian yang berisi buah segar.

  • Hanami dango

Cemilan ini sangat sering bermunculan pada film anime, karena bentuknya yang unik juga menjadi cemilan yang wajib dicoba saat festival bunga sakura. Hanami dango merupakan cemilan berbahan dasar tepung ketan, yang disajikan dalam bentuk bulat ditusuk seperti sate isian 3 warna. Hanami dango identik dengan 3 warna yaitu pink, putih, dan hijau.

  • Es krim sakura

Penggemar eskrim wajib mencoba menu spesial ini jika mengunjungi festival bunga sakura di Jepang. Es krim sakura ini terbuat dari kelopak dan daun bunga sakura yang sudah diolah sehingga aman untuk dikonsumsi.

  • Ringo ame

Cemilan ini terbuat dari buah apel yang dibalut dengan gula bagian luarnya, sehingga ringo ame sering disebut candy apple karna bentuknya yang seperti permen lolipop.

  • Yakisoba

Yakisoba adalah mie dengan bumbu asam manis yang berisi sayuran, daging, dan acar merah. Makanan ini tidak hanya dapat dinikmati saat festival bunga sakura saja, festival di Jepang lainnya juga akan sering menemukan makanan yakisoba ini.

Penggemar bunga sakura yang tidak bisa melihat secara langsung ke Jepang jangan khawatir ya, mimin Hasans punya solusinya loh. Tersedia berbagai jenis bunga sakura artificial di Toko Hasans, bisa checkout melalui shopeenya Hasans Florist dan dapatkan voucher diskon serta voucher free ongkir. Tidak perlu jauh – jauh ke Jepang sudah bisa menikmati indahnya bunga sakura. 


Walaupun bunga sakura artificial tidak memperlihatkan secara langsung fakta menarik bunga sakura, tetapi bunga sakura artificial tetap terlihat cantik seperti bunga aslinya. Apalagi bunga artificial tidak akan pernah layu dan berguguran seperti bunga aslinya, sehingga kita penggemar bunga sakura bisa menikmati mekarnya sakura lebih lama.

Happy shopping dan salam hangat dari mimin Hasans florist 😀