Belakangan ini sosial media Wedding Organizer banyak postingan dekorasi menggunakan bunga anggrek, bahkan banyak dari mereka yang menggunakan bunga anggrek sebagai properti foto pengantin. Apakah tren ini didasari dari seorang influencer yang menggunakan bunga anggrek atau karena bunga anggrek sedang banyak dibudidayakan oleh para penggemar bunganya. Hal ini cukup menarik perhatian, karena dekorasi pernikahan umumnya menggunakan bunga mawar, sedangkan sekarang ramai menggunakan bunga anggrek dan lebih berwarna.

Bunga anggrek sendiri merupakan salah satu tanaman endemik di Indonesia, memiliki banyak jenis dan warna membuat para penggemar hobi mengoleksi berbagai jenis bunga anggrek. Berikut beberapa jenis bunga anggrek yang banyak dikoleksi oleh penggemar bunga :

1. Anggrek Bulan

 

 

 

 

 

 

Anggrek bulan atau Phalaenopsis merupakan jenis bunga anggrek yang paling dikenal masyarakat Indonesia, bentuknya yang menyerupai bulan dan memiliki warna putih bersih sangat elegan. Anggrek bulan juga tahan lama dan perawatannya cukup mudah, sehingga akan mudah kita temui di pekarangan rumah orang.

2. Anggrek Hitam

 

 

 

 

 

 

Anggrek hitam ini adalah jenis bunga anggrek yang cukup langka keberadaannya, berbeda dengan namanya “hitam” sebenernya anggrek ini memiliki warna kelopak yang dominan hijau. Disebut anggrek hitam karena memiliki mahkota bunga berwarna hitam keunguan. Anggrek hitam ini sering diburu oleh kolektor bunga anggrek karena keindahan bunganya yang berpadu dengan mahkota hitamnya.

3. Anggrek Bibir Berbulu

 

 

 

 

 

 

 

Anggrek bibir berbulu lebih sering dikenal dengan nama anggrek penguin, bunga ini mempunyai ciri khas dari bibir bunganya yang berbulu. Bunga anggrek bibir berbulu memancarkan keindahan motif anggrek yang mempunyai warna unik. Dengan keunikan dan keindahannya, Anggrek Bibir Berbulu menjadi favorit di kalangan penggemar anggrek dan penikmat alam.

4. Anggrek Kebutan

 

 

 

 

 

 

 

Anggrek Kebutan, juga dikenal sebagai anggrek vanila, adalah salah satu jenis anggrek yang menarik perhatian banyak orang. Nama “kebutan” sendiri berasal dari bahasa suku Dayak, yang berarti “kepala harimau”. Hal ini dikarenakan bentuk bunga Anggrek Kebutan yang menyerupai kepala harimau. 

Meskipun Anggrek Kebutan memiliki nilai estetika yang tinggi dan banyak diminati sebagai tanaman hias, sayangnya populasinya saat ini terancam penurunan. Pembalakan liar dan perusakan habitat alaminya menjadi faktor utama yang mengancam kelestariannya.

5. Anggrek Larat

 

 

 

 

 

Anggrek Larat terkenal karena keindahan bunga-bunganya yang indah dan beragam warna. Bunga ini memiliki kelopak lebar dan berbentuk seperti kupu-kupu, yang memberikannya nama populer “Anggrek Kupu-Kupu”. Anggrek Larat memiliki akar tebal dan lembut yang menempel pada substrat tempatnya tumbuh, biasanya serat pohon atau potongan kayu.

6. Anggrek Dendrobium

 

 

 

 

 

 

Anggrek Dendrobium adalah jenis anggrek yang memiliki banyak spesies. Anggrek ini termasuk dalam keluarga Orchidaceae dan sangat populer sebagai tanaman hias di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beberapa spesies anggrek Dendrobium memiliki bunga yang sangat harum dan sering digunakan sebagai pengharum ruangan. Salah satu karakteristik menarik dari anggrek ini adalah kemampuannya untuk tumbuh di berbagai kondisi. Anggrek Dendrobium dapat tumbuh baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, tergantung pada suhu dan pencahayaan yang tepat. Anggrek ini juga dapat tumbuh baik pada batu-batuan atau tanah berbatu, membuatnya sangat serbaguna dalam penempatan.

7. Anggrek Vanda

 

 

 

 

 

 

Anggrek Vanda, atau disebut juga sebagai anggrek Kasut, adalah salah satu jenis anggrek yang sangat populer di kalangan para pecinta tanaman hias. Anggrek ini terkenal karena keindahan bunga-bunganya yang besar, cerah, dan hidup. Dengan keindahannya yang menawan, anggrek Vanda akan menjadi sorotan dalam koleksi tanaman hias Anda.

8. Anggrek Cattleya

 

 

 

 

 

Bunga anggrek Cattleya memiliki bentuk yang besar dan cantik, dengan kelopak berbentuk lebar dan bibir yang mencolok. Biasanya, bunga anggrek ini memiliki warna yang cerah dan beragam, seperti pink, ungu, kuning, dan merah. Merawat anggrek Cattleya harus melakukan perawatan rutin seperti pemupukan dan pemangkasan bunga yang layu. Anggrek ini membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berbunga dengan baik.

9. Anggrek Oncidium

 

 

 

 

 

 

Bunga-bunga Oncidium memiliki bentuk yang unik dengan kelopak bawah yang lebih besar dan daun-daun kecil yang tergantung di bawahnya. Untuk merawat anggrek Oncidium, penting untuk memberikan sinar matahari yang cukup, tetapi tanaman ini juga harus dilindungi dari sinar matahari langsung yang terlalu panas. Kelembaban juga harus dijaga dengan menyemprotkan air pada daun dan akar setiap hari.

Itulah beberapa jenis bunga anggrek, banyaknya jenis bunga anggrek ini bisa dijadikan pilihan sebagai dekorasi pernikahan. Apalagi trend wedding tahun ini ramai bunga anggrek, tetapi akan membutuhkan pertimbangan terkait harga bunga anggrek asli. Solusi untuk biaya lebih hemat dekorasi menggunakan bunga anggrek adalah bunga anggrek artificial atau palsu. Sekarang bunga artificial sudah lebih mudah ditemukan dan bisa belanja dimana aja, terlebih di era sekarang banyak penjual bunga artificial masuk ke penjualan online. Berikut salah satu jenis bunga anggrek artificial yang sering digunakan untuk dekorasi. 

Trend wedding tahun ini ramai bunga anggrek juga cukup menguntungkan untuk para penggemar bunga anggrek. Sebelum viralnya trend dekorasi dengan bunga anggrek, bunga anggrek tidak terlalu banyak dijumpai pada sembarang tempat. Saat ini kita sangat mudah menemui bunga anggrek, dari yang asli maupun artificial. Apakah kalian juga salah satu penggemar bunga anggrek? kalo iya, yuk wujudkan Wedding Dream kalian dengan dekorasi  bunga anggrek. Kalian ga perlu bingung cari bunga anggrek artificial, ini mimin rekomendasiin toko bunga artificial yang harganya terjangkau ya. Bisa klik toko Hasans Florist ini ya, kalian bisa belanja dari rumah melalui Shopee dan dapatkan voucher free ongkir serta voucher diskonnya.

 

Salam hangat dari mimin Hasans