Sebagian orang tua dan anak-anak momen terbaik dalam berbelanja alat tulis adalah ketika tahun ajaran baru. Saat ini di Jakarta tahun ajaran baru kurang lebih adalah : 

8 Juli 2024: Hari Pertama Sekolah dan Awal Semester 

9 – 10 Juli 2024: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan proses administrasi kelas

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai sekolah di antaranya mulai dari seragam, tas, sepatu hingga buku tulis. Namun, pengeluaran yang membengkak untuk membeli kebutuhan perlengkapan sekolah sebetulnya bisa disiasati. Agar tidak merasa terbebani dengan pengeluaran tahunan ini, ecommerce Shopee Hasans Official pun memberikan beberapa langkah sederhana.

  1. Buat Prioritas List Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli keperluan sekolah anak, cobalah untuk memeriksa kembali barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk tahun ajaran baru ini. Jangan malas untuk membuat daftar kebutuhan tersebut, dan periksa kembali apakah masih ada  barang-barang tersebut di rumah. Dan yang paling utama, urutkan barang-barang tersebut mulai dari yang sangat dibutuhkan hingga yang kurang dibutuhkan anak saat sekolah nanti.

  1. Persiapkan Anggaran

Pengeluaran kebutuhan sekolah anak, menjadi pengeluaran tahunan yang harus disiapkan dari jauh-jauh hari, minimal 6 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Karena pengeluaran ini cukup membuat kantong ketar-ketir.

  1. Beli dengan Jumlah Banyak

Harga perlengkapan sekolah jika dibeli dengan kuantitas yang banyak lebih murah ketimbang membeli eceran. Namun, tentunya jika membeli terlalu banyak, Anda merasa akan terjadi pemborosan jika tidak semua barang tersebut yang digunakan. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengajak rekan sesama orang tua untuk membeli bersama perlengkapan sekolah anak.

  1. Manfaatkan Promo Toko Offline dan Online

Sama halnya dengan lebaran, atau liburan akhir tahun, momen ‘Kembali ke Sekolah’ juga sering dimanfaatkan toko-toko baik offline dan online untuk menggaet konsumen dengan memberikan beragam potongan harga dan juga promo menarik.

5. Belanja Lebih Awal

Usahakan untuk tidak membeli perlengkapan sekolah lebih awal. Hindari untuk membeli di akhir pekan atau sehari menjelang jadwal masuk sekolah. Dengan membeli perlengkapan lebih awal, maka orang tua memiliki waktu lebih lama untuk membandingkan harga yang termurah, sehingga bisa menghemat.