Alat tulis yang terawat dengan baik tidak hanya membuat pekerjaan lebih mudah, tetapi juga menghemat biaya karena tidak perlu sering mengganti peralatan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat alat tulis Anda agar tetap awet dan tahan lama:

 

  1. Simpan di Tempat yang Tepat

Menjaga alat tulis di tempat yang tepat adalah langkah pertama untuk memastikan alat tersebut tetap dalam kondisi baik. Gunakan organizer meja, laci, atau kotak penyimpanan khusus untuk alat tulis. Ini mencegah alat tulis tercecer dan rusak. Hindari menyimpan alat tulis di tempat yang terlalu panas atau lembab, karena dapat merusak bahan dan tinta.

 

  1. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan alat tulis secara berkala dapat mencegah penumpukan debu dan kotoran. Gunakan kain lembut untuk mengelap permukaan alat tulis, dan pastikan untuk membersihkan bagian ujung pena, pensil, dan highlighter agar tetap berfungsi dengan baik. Jika menggunakan pena tinta, pastikan untuk membersihkan nib secara teratur untuk mencegah tinta kering yang bisa menyumbat.

 

  1. Tutup Pena dan Marker dengan Rapat

Selalu tutup pena, spidol, dan marker setelah digunakan. Tinta yang terpapar udara terlalu lama bisa cepat kering dan membuat alat tulis tidak dapat digunakan lagi. Pastikan tutupnya terpasang dengan rapat untuk menjaga kelembaban tinta dan memperpanjang umur alat tulis.

 

  1. Raut Pensil dengan Benar

Gunakan peraut pensil yang berkualitas untuk meraut pensil Anda. Peraut yang buruk bisa merusak kayu dan lead pensil, menyebabkan pensil lebih cepat patah dan tidak nyaman digunakan. Hindari meraut pensil terlalu sering atau terlalu tajam, karena ini bisa membuat pensil cepat habis dan lebih mudah patah.

 

  1. Simpan Pena dan Marker dalam Posisi Horizontal

Menyimpan pena dan marker dalam posisi horizontal membantu menjaga agar tinta tetap merata dan mencegah kebocoran atau pengeringan pada salah satu ujungnya. Untuk pena tinta, posisi horizontal juga membantu menjaga aliran tinta yang konsisten saat digunakan.

 

  1. Gunakan Produk Sesuai dengan Fungsinya

Setiap alat tulis dirancang untuk penggunaan tertentu. Gunakan produk sesuai dengan fungsinya untuk mencegah kerusakan. Misalnya, jangan gunakan pensil mekanik untuk menggambar pada permukaan yang keras atau kasar, dan hindari menggunakan highlighter pada kertas tipis yang bisa tembus tinta.